Apakah Vaksinasi Bertentangan dengan Tawakkal? Baca penjelasan ini

oleh -266 views

Pertanyaan: Apa hukum vaksinasi meningitis? Apakah itu bertentangan dengan tawakkal?

 

Asy-Syaikh Al-‘Allamah Muhammad bin Shalih Al-‘Utsaimin rahimahullah menjawab:

Sekarang telah tiba waktunya. Sebelum ini aku sudah merasa akan banyak pertanyaan yang disampaikan tentang masalah ini, yaitu suntikan vaksinasi meningitis. Sebagian orang mengatakan bahwa (Vaksinasi) ini adalah haram, karena bertentangan dengan tawakkal.

Namun kita katakan, (bahwa yang benar adalah) vaksinasi ini adalah termasuk tawakkal. Karena makna tawakkal adalah benar-benar bersandar kepada Allah ‘Azza wa Jalla disertai dengan melakukan sebab-sebab (ikhtiar, pen). Oleh karena itu petingginya orang-orang yang bertawakkal, yaitu Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa Sallam, ketika beliau berperang melawan musuh beliau mengenakan baju besi sebagai perlindungan. Bahkan ketika di perang Uhud beliau Shallallahu alaihi wa Sallam mengenakan dua lapis baju besi. Ini sebagai bentuk perlindungan dari bahaya musuh.


baca: Hukum Vaksinasi Untuk Mengatasi Pandemi

Presiden Berharap Vaksinasi Sebagai Kunci Penentu Pengendalian Pandemi


Pelaksanaan penyuntikan ini (vaksinasi) adalah tidak mengapa, tidak bertentangan dengan tawakkal. Bahkan itu termasuk tindakan melakukan sebab-sebab yang bermanfaat, yang dengannya Allah menghilangkan kejelekan (penyakit, dll, pen).

Kita memohon kepada Allah agar melindungi kami dan Anda dari kejelekan diri-diri kita dan kesalahan-kesalahan amalan kita. Semoga Allah jadikan kita bisa bertemu kembali seperti kesempatan ini. Semoga Allah jadikan kita sebagai para pendengar yang bisa mengambil manfaat. Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

 

Sumber: https://binothaimeen.net/content/167

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *