Banyak Berdoa Disaat Pandemi Covid-19

oleh -288 views
Banyak Berdoa Disaat Pandemi Covid-19

Selain kita melakukan usaha-usaha agar tidak terinfeksi covid-19.¹ Kita juga harus memperbanyak berdoa kepada Allah agar diselamatkan dari wabah ini. Dan bersemangat dalam hal itu. Karena tidak ada yang menyelamatkan kita dari wabah ini kecuali Allah semata.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

احْرِصْ عَلَى مَا يَنْفَعُكَ وَاسْتَعِنْ بِاللهِ وَلَا تَعْجَزْ

“Bersemangatlah engkau terhadap sesuatu yang bermanfaat bagimu, dan mintalah bantuan kepada Allah, janganlah melemah.” (HR. Muslim)

Jangan kita lemah dalam berdoa, apalagi di saat-saat seperti ini.

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda,

أَعْجَزُ النَّاسِ مَنْ عَجَزَ عَنِ الدُّعَاءِ

“Manusia yang paling lemah adalah yang lemah dalam berdoa.” (HR. Abu Ya’la no. 6649, dan hadits ini dinilai shahih oleh Syaikh al-Albani dalam as-Silsilah ash-Shahihah no. 601)

Allah akan mengabulkan doa-doa kita

Allah Subhanahu wata’ala berfirman,

وَقَالَ رَبُّكُمُ ٱدۡعُونِيٓ أَسۡتَجِبۡ لَكُمۡۚ

“Dan Rabb mu berfirman, “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu.” (Ghafir: 60)

Berkata Ibnu Katsir

rahimahullah dalam tafsirnya:

“Allah subhanahu wa ta’ala tidak akan menolak permintaan orang yang berdoa, dan tidak ada sesuatu pun yang menyibukkan Dia dari memperhatikan doa hamba-Nya, bahkan Dia Maha Mendengar doa. Di sini ada penekanan, dorongan dan anjuran untuk berdoa, karena doa itu tidaklah disia-siakan di sisi Allah subhanahu wa ta’ala. (Tafsir Al-Qur`anil ‘Azhim, 1/284)

Ya Allah lindungilah kami dan kaum muslimin dari wabah virus corona dan penyakit berbahaya lainnya. Ya Allah angkat lah wabah ini dari kami.

(AJ)

_____

¹ Diantaranya dengan tidak masuk ke daerah wabah dan bagi ada di dalam tidak keluar dari daerah wabah tersebut, membiasakan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) dan cuci tangan pakai sabun (CTPS).

www.tanggapcovid19.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *