Bentuk Mujahadah Menghadapi Musibah

oleh -301 views

Imam al-Bukhari rahimahullah menyebutkan sebuah hadits dari sahabat Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

فِرَّ مِنَ الْمَجْذُومِ كَمَا تَفِرُّ مِنَ الْأَسَدِ

“Larilah dari orang yang terkena lepra, sebagaimana kamu lari dari singa.” (HR. al-Bukhari no. 5707)

Imam Ibnul Qayim rahimahullah dalam kitab Zadul Ma’ad menyebutkan sebuah pembahasan dengan judul, “Pasal tentang bimbingan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam untuk mengambil langkah preventif dari penyakit-penyakit yang menular, serta bimbingan beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam bagi orang-orang yang sehat untuk menjauhi orang-orang yang terjangkit penyakit tersebut.”

Hadits ini menunjukkan disyariatkannya untuk menghindar dari orang yang terjangkiti penyakit yang menular. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak mengatakan, larilah dari penyakit lepra. Akan tetapi, larilah dari orang yang terjangkiti penyakit lepra! Seperti kamu lari dari seekor singa, yaitu cepatlah menghindar!

Begitu pula di masa Covid-19 yang merupakan jenis penyakit menular dengan izin Allah. Di antara bentuk mujahadah menghadapi musibah ini adalah disiplin untuk menerapkan himbauan dan protokol dari pemerintah. Tidak boleh bagi kita bermudah-mudahan dan bermalas-malasan dalam menghadapi covid-19.

Karena Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam serius memberikan peringatan untuk menjauh dari orang yang terkena penyakit lepra, dengan mempermisalkan lari dari singa.

Mudah-mudahan Allah Ta’ala menjadikan kita orang-orang yang bersungguh-sungguh mengamalkan syariat yang mulia ini. Amin (AA/ALF)


Sumber: https://islamhariini.com/bentuk-mujahadah-menghadapi-musibah/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *