Geser Jakarta, Jatim Jadi Provinsi Terbanyak Kasus Positif Corona

oleh -481 views
Jatim Jadi Provinsi Terbanyak Kasus Positif Corona

Gugus Tugas Pusat merilis data terbaru pasien positif corona, Ahad (28/6). Ada 1.198 kasus baru di hari itu. Jawa Timur menyumbang kasus harian tertinggi sebanyak 330.

Disusul Sulawesi Selatan 192 kasus baru, Jateng 188 kasus, DKI Jakarta 125 kasus, Kalsel 73 kasus baru.

Dengan penambahan itu, Jatim kini menggeser DKI Jakarta dalam kasus positif tertinggi nasional. Total ada 11.508 pasien positif di Jatim. Sementara DKI Jakarta ada 11.114 orang.

Juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19, Ahmad Yurianto menjelaskan, angka penambahan kasus baru itu merupakan hasil uji terhadap 17.230 spesimen. “Penambahan kasus yang cukup tinggi ini, dikarenakan pemerintah terus meningkatkan kapasitas uji spesimen,” katanya, Ahad (28/6).

Dengan begitu, semakin terungkap sebaran nyata kasus di lapangan.


Baca: Bagaimana Perkembangan di Jatim, Ini Penjelasan Gugus Tugas


Saat ini, lanjut Ahmad, Indonesia mencatatkan penambahan kasus harian terbaru di kisaran 800-1.300 orang per hari, nyaris satu bulan terakhir ini.

Selama satu hari terakhir, tercatat pula ada 20 provinsi melaporkan kasus terbaru di bawah 10 orang. Adapula sembilan provinsi nol kasus positif terbaru. Seperti Kalimantan Barat dan Lampung.

Ahmad mengungkapkan adanya penambahan kasus baru setiap hari, karena ada pasien positif yang tidak menjalankan isolasi mandiri.

Masyarakat diminta tetap menjalankan protokol kesehatan. Kelompok yang rentan terpapar, juga karena mereka tidak mengindahkan protokol kesehatan. Seperti memakai masker, jaga jarak, dan rajin cuci tangan pakai sabun.

“Kepada mereka yang sudah positif, hendaknya melakukan isolasi mandiri dengan benar,” tegas Ahmad.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *