Gotong Royong Tanam Sayur, Antisipasi Pandemi Berkepanjangan

oleh -1.514 views
Gotong Royong Tanam Sayur

Warga Pemukiman Komunitas Salafy Ponpes Minhajul Atsar, Jember. Bahu-membahu melaksanakan program Mandiri Pangan. Dengan menanam sayur-mayur di area (klaster) sekitar rumah mereka.

Per 30 April lalu, penanaman sayur berlangsung di Klaster Nanang. Dengan penanggung jawab, Hasan.

Sayur yang ditanam seperti bayam, kangkung, sawi, cabai, dan terong. Dengan menggunakan teknik hydroponik. Sumber pelaksanaan program ini, adalah swadaya warga.


Baca: Antisipasi Kelangkaan Pangan, Dampak Covid-19: Ponpes Ini Gulirkan Program Mandiri Pangan


Sebagai pembimbing kegiatan, bapak Abdulhadi dan bapak Nanang. Tujuan umum program ini adalah sebagai langkah lanjutan menghadapi situasi pandemi Covid-19. Warga komunitas saling bersinergi mengantisipasi kemungkinan terburuk. Apabila sayuran langka atau sulit diperoleh di pasaran. Maka mereka telah siap sedia. Dengan budidaya sayur sendiri.

Selain itu, proses penanaman ini juga bermanfaat sebagai media pembelajaran. Tentang budidaya sayur-mayur. Memanfaatkan lahan yang ada dekat rumah.

Semoga apa yang diupayakan warga komunitas salafy di Ponpes Minhajul Atsar, mendapat keberkahan dari Allah ta’ala. Demi mewujudkan program Salafi Mandiri Pangan untuk jangka menengah. (r)

One thought on “Gotong Royong Tanam Sayur, Antisipasi Pandemi Berkepanjangan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *