Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19

oleh -173 views
Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19

Sejak tanggal 2 Maret 2020, pemerintah Indonesia mengumumkan secara resmi untuk pertama kalinya bahwa ada warganya yang positif terjangkit Corona (Covid-19).

Innalillah wa Inna ilaihi raji’un. Wabah Corona telah masuk ke Indonesia, setelah sekian negara lainnya. Tak lama setelah itu, tepatnya 11 Maret 2020 menetapkan Covid-19 sebagai pandemic (wabah internasional).

Merdasarkan pertimbangan tersebut, di samping bahwa di telah terjadi keadaan tertentu dengan adanya penularan Covid-19 yang perlu di antisipasi dampaknya, dan dalam rangka percepatan penanganan Covid-19 diperlukan langkah-langkah cepat, tepat, fokus, terpadu, dan sinergis antar kementrian/lembaga pemerintah daerah, maka Presiden RI menetapkan keputusan Keputusan Presiden tentang Pembentukan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Hal ini tertuang dalam Keppres no. 7 tahun 2020 tanggal 13 Maret 2020. https://setkab.go.id/wp-content/uploads/2020/03/Salinan-Keppres-Nomor-7-Tahun-2020.pdf

Atau bisa unduh di sini: Salinan-Keppres-Nomor-7-Tahun-2020

Gugus Tugas ini berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden. Sebagai ketua pelaksanannya adalah Ketua BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana).

Tujuan dibentuknya Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 adalah:

  1. Meningkatkan ketahanan nasional di bidang kesehatan.
  2. Mempercepat penanganan Covid-19 melalui sinergi antar kementerian/lembaga dan pemerintah daerah.
  3. Meningkatkan antisipasi perkembangan eskalasi penyebaran Covid-19
  4. Meningkatkan sinergi pengambilan kebijakan operasional; dan
  5. Meningkatkan kesiapan dan kemampuan dalam mencegah, mendeteksi, dan merespons terhadap Covid-19.

Pembentukan Gugus Tugas Percepatan Covid-19 merupakan salah satu langkah Pemerintah Indonesia dalam menangani pandemic Covid-19. Sebagai muslim, kita harus menjadi yang terdepan dalam memerhatikan dan mengikuti imbauan-imbauan pemerintah dalam percepatan penanganan Covid-19. Bagaimana tidak, sementara aqidah setiap muslim adalah prinsip ketaatan kepada waliyul amr (pemerintah). Allah Ta’ala berkata,

{يَاأَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا أَطِيعُوا اللَّهَ وَأَطِيعُوا الرَّسُولَ وَأُولِي الْأَمْرِ مِنْكُمْ} [النساء: 59]

Wahai orang-orang beriman, taatilah Allah, taatilah Rasul, dan ulil amri (pemerintah) di antara kalian.” (an-Nisa: 19)

Semoga Allah memberikan hidayah dan taufiq-Nya kepada pemerintah Indonesia, agar benar-benar cepat dan tanggap dalam menangani pandemic Covid-19. Semoga Allah segera mengangkat wabah penyakit Covid-19, serta melindungi dan menyelamatkan kita semua. Semoga Allah memberikan keteguhan dan pahala yang besar kepada para tenaga medis yang telah berjuang di garda terdepan dalam penanganan Covid-19. Semoga Allah berikan keimanan, keikhlasan, dan kesabaran kepada mereka semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *