,

Ini Catatan Satgas Covid-19 Pusat Terkait Perkembangan Terbaru Penanganan Covid-19 Di Indonesia

oleh -49 views

Perkembangan Kasus Positif Covid-19 Mingguan Secara Nasional

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Prof. Wiku Adisasmito, menyampaikan bahwa Per tanggal 17 Januari 2021 terjadi kenaikan kasus sebesar 27,5% dibandingkan dengan minggu sebelumnya. “Angka ini menunjukkan kenaikan yang paling tinggi selama masa pandemi di Indonesia. Pada umumnya kenaikan terjadi di angka 10-15% per minggunya,” kata Prof. Wiku dalam Konferensi Pers Perkembangan Penanganan Covid-19, pada Selasa, (19/01/2021) di Media Center Graha BNPB, Jakarta.

Dengan data ini, kata Prof. Wiku, mencatatkan tren perkembangan kasus positif mingguan yang ternyata sudah meningkat selama 12 minggu berturut-turut.

“Pada minggu sebelumnya, saya menyampaikan bahwa penambahan kasus harian 9.000 hingga 10.000 kasus adalah angka yang sangat tinggi. Namun ternyata di minggu ini kita mengalami penambahan kasus harian hingga 14.000 kasus. Hal ini tidak boleh dan tidak dapat ditolerir!” tegas Jubir.


baca: Penambahan Kasus Harian Tembus 14.000 Kasus, Satgas Nasional: Hal Ini Tidak Boleh dan Tidak Dapat Ditolerir!

Independensi Badan POM Dalam Mengeluarkan EUA Vaksin Covid-19


Perkembangan Kasus Kematian Covid-19 Mingguan Secara Nasional

Setelah mengalami penurunan 1,7% pada minggu sebelumnya, jumlah kematian akibat Covid-19 pada minggu ini kembali meningkat. Bahkan dengan peningkatan yang cukup drastis menjadi 37,4% dibandingkan pekan sebelumnya. “Ini adalah perkembangan yang menunjukkan ke arah yang buruk,” ujar Prof. Wiku.

Pada minggu yang sama, Wiku menyebutkan terdapat rekor kasus meninggal harian tertinggi selama pandemi yaitu 306 kematian dalam satu hari, yaitu pada tanggal 13 Januari 2021 lalu.

Perkembangan Kesembuhan Covid-19 Mingguan Secara Nasional

Meskipun pada minggu ini angka kesembuhan mengalami kenaikan 8,2%, namun kenaikan ini lebih kecil daripada minggu sebelumnya, yaitu mencatatkan kenaikan 9,5%. “Bahkan, jika dibandingkan dengan kenaikan kasus positif yang mencapai 27,5%  dan kasus meninggal yang mencapai 37,4%, angka kenaikan kasus sembuh ini sangatlah tidak sepadan! Kenaikan kasus sembuh hanya 1/3 dari kenaikan kasus positif pada minggu ini!” terang Wiku.

“Kita tidak boleh berpuas diri terhadap tren peningkatan kasus kesembuhan yang terus meningkat selama 6 minggu berturut-turut. Hal ini harus menjadi motivasi kita bersama untuk terus meningkatkan kesembuhan lebih tinggi dari pada peningkatan kasus positif dan kematian,” kata Jubir mengingatkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *