,

Ketua Satgas Covid-19 Nasional: Hingga Saat Ini Patuh Protokol Adalah Vaksin Terbaik

oleh -216 views

Pemerintah Pusat melalui Satuan Tugas Penanganan COVID-19 terus mendorong upaya penguatan penanganan COVID-19 di daerah melalui perubahan perilaku dan menegakkan penerapan protokol kesehatan sebagai bentuk pencegahan.

Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Nasional Doni Monardo mengatakan hingga saat ini mematuhi protokol kesehatan adalah ‘vaksin’ terbaik yang dapat dilakukan masyarakat.

“Selama belum ada vaksin maupun obat, mematuhi protokol kesehatan adalah vaksin terbaik sebagai upaya pencegahan penularan COVID-19,” tegas Doni dalam Rapat Koordinasi Penanganan COVID-19 Wilayah Provinsi Gorontalo di Kediaman Dinas Gubernur Provinsi Gorontalo, pada Rabu (7/10). Demikian dari bnpb.go.id

Sebelumnya, Doni Monardo juga mengatakan, “Inilah yang harus kita sadari bahwa setiap saat setiap detik, disiplin adalah harga mati. Sedikit saja kita lengah, kita abai dengan protokol kesehatan, maka kita akan mudah terpapar,” kata Doni Monardo, Jum’at (25/09/2020). Disiplin terhadap protokol kesehatan merupakan sebab-sebab pencegahan dan keselamatan dari Covid-19. Dalam ajaran agama Islam, setiap muslim diperintahkan untuk melakukan sebab-sebab pencegahan dan keselamatan dengan sebaik-baiknya. Kalau kita lengah, maka kita akan mudah terpapar penyakit, dengan izin Allah.


baca: Ketua Satgas Covid-19 Nasional Ingatkan Bahaya Abai Protokol

Disiplin Menjalankan Protokol dan Tawakkal


“Perilaku disiplin menjalankan protokol kesehatan merupakan langkah utama mengatasi pandemi. Dan itu bisa dilakukan sejak awal pandemi dan seterusnya. Itu bisa melindungi masyarakat dari serangan virus Sars-Cov2,” kata Jubir Satgas Covid-19 Nasional ketika menjawab pertanyaan media dalam jumpa pers di Kantor Presiden, Kamis (24/9/2020).


baca: Satgas Covid-19 Tekankan Perilaku Disiplin Protokol Kesehatan Langkah Utama Atasi Pandemi


Pemerintah telah mensosialisasikan secara massif penerapan 3M yaitu menggunakan masker, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan. Pemerintah sendiri telah melakukan program 3T, yakni testing, tracing dan treatment.

Menteri Kesehatan pada Senin 14/9/2020 di Kantor Presiden juga mengatakan, “Kami mohon untuk selalu patuh pada protokol kesehatan, mohon partisipasi dari semua pihak terutama di level kelurahan, desa, RW dan RT untuk menjaga kedisiplinan pelaksanaan protokol kesehatan. Memakai masker, jaga jarak, dan rajin cuci tangan.”

Demi Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Covid-19, Presiden RI telah menerbitkan Inpres No. 6 tahun 2020. Inpres yang diteken tanggal 4 Agustus 2020 ini bertujuan untuk menjamin kepastian hukum, memperkuat upaya dan meningkatkan efektivitas pencegahan dan pengendalian Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) di seluruh daerah provinsi serta kabupaten/kota di Indonesia.  Instruksi disampaikan kepada: Para menteri Kabinet Indonesia Maju, Sekretaris Kabinet, Panglima TNI, Kapolri, Para Kepala Lembaga Pemerintah non Kementrian, Para Gubernur, dan Para Bupati/Walikota.

Hanya kepada Allah Ta’ala kita memohon keselamatan dan perlindungan.


baca: Demi Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Covid-19, Presiden RI Keluarkan Inpres No. 6 tahun 2020

Amanah Inpres No. 6 Tahun 2020 Untuk Pencegahan dan Pengendalian Covid-19


 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *