Kolaborasi Erat Antar Pemerintah dan Masyarat Sangat Dibutuhkan Dalam Penanganan Covid-19

oleh -59 views

Mengawali penjelasannya, Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, pada Kamis, (19/11/2020) di Istana Kepresidenan menyampaikan, bahwa kolaborasi erat antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan masyarakat merupakan kunci utama penanganan Covid-19. Pemerintah pusat akan terus mendukung upaya penanganan Covid-19 yang dilakukan oleh pemerintah daerah. “Oleh karena itu kami minta kepada pemda agar jangan segan untuk meminta bantuan kepada pemerintah pusat. Pemerintah Pusat akan memberikan bantuan yang diperlukan untuk memastikan penanganan Covid-19 di daerah dapat berjalan dengan baik,” kata Jubir.

Jubir juga  mengingatkan, bahwa pembentukan satgas daerah tergantung kebutuhan dan karakteristik di masing-masing daerah. Kepala daerah berwenang menyusun dan menetapkan anggotanya. Struktur satgas pusat dapat dijadikan acuan dalam penyusunannya sesuai surat edaran menteri dalam negeri kepada gubernur, bupati/walikota, No. 440/5184/SJ.


baca: Kemendagri Rilis Surat Edaran Pembentukan Satgas COVID-19 Daerah

Membuka Masjid di Masa Pandemi


Jubir mengatakan, satgas di daerah juga harus memastikan jangan sampai rumah sakit terisi penuh dengan pasien. Segera koordinasikan dengan pemerintah pusat jika rumah sakit berpotensi penuh. Jika dimungkinkan, Satgas di daerah dapat menggunakan rumah sakit darurat untuk menampung pasien Covid-19.

Selain itu, monitoring terhadap kedisiplinan protokol kesehatan dan sosialisasi perubahan perilaku 3M harus digencarkan dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat. Ini menjadi modal kita semua dalam menjalankan aktivitas sosial ekonomi.

Sebagaimana telah ditegaskan oleh Presiden RI beberapa waktu lalu, bahwa persoalan Covid-19 ini terlalu besar untuk diselesaikan sendirian oleh pemerintah. Maka Presiden menyatakan kita harus bersatu, harus satu tekad, satu semangat, satu barisan dalam menghadapi situasi yang sulit ini. Hendaknya masyarakat benar-benar memperhatikan aspek ini. Seraya kita berharap Allah Ta’ala segera menolong negeri ini agar segera terbebas dari Pandemi yang tengah melanda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *