,

Kunci Utama Menghadapi Musibah Covid-19: Iman, Aman, Imun

oleh -377 views
Presiden Jokowi Larang Masyarakat Mudik

Berikut pesan penting yang disampaikan oleh Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Nasional, Bapak Letjend Doni Monardo – semoga Allah senantiasa melindunginya – :

Saya sampaikan kepada masyarakat semua untuk patuh kepada protokol kesehatan. Supaya kita aman. Yaitu memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan, serta mencuci tangan sesering mungkin dengan menggunakan sabun dan air mengalir, atau kalau tidak ada tempat cuci tangan yang layak bisa menggunakan handsanitazer.

Tetapi itu saja belumlah cukup, harus dilengkapi dengan meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Kita harus bersabar menghadapi musibah ini, dengan bersabar diharapkan kita bisa mengendalikan diri. Kita diminta untuk patuh kepada protokol kesehatan, belum sebanding dengan perjuangan, pengobanan, dan penderitaan para dokter yang merawat pasien di rumah sakit untuk melayani pasien. Apakah itu pasien Covid maupun pasien non-Covid. Karena ternyata tidak sedikit dokter umum yang juga akhirnya wafat karena melayani pasien yang bukan pasien Covid. Ternyata tanpa diketahui pasien tersebut adalah OTG (Orang Tanpa Gejala), yang mana orang tanpa gejala pun dapat menulari orang-orang yang lain, termasuk para dokter.

Kemudian, terkait dengan masalah tersebut, di samping tadi saya katakan harus memproteksi diri kita supaya aman dan juga meningkatkan keimanan, maka kita pun harus meningkatkan imunitas tubuh kita, dengan cara:

– olah raga yang teratur,

– istirahat yang cukup,

– tidak boleh begadang,

– makanan berkualitas,

– vitamin,

– tidak boleh panik,

– hati harus gembira.

Manakala metode, kewajiban kita untuk menjaga keamanan dengan mematuhi protokol kesehatan, juga wajib meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala, serta wajib meningkatkan imunitas tubuh kita. Maka kita semuanya Insyaallah akan terhindar dari musibah Covid-19 ini.” Demikian pesan Ketua Satgas Nasional,  Jum’at (16/10/2020) Audio: https://bit.ly/2Iyg4sF

 

Di samping pesan yang telah sering diulang-ulang, yaitu disiplin protokol, sebagai insan beriman beliau juga mengingatkan masalah yang sangat mendasar, yaitu meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Di samping juga, bersabar dalam menghadapi musibah Covid-19 ini. Sabar merupakan buah dari keimanan. Dengan bersabar akan membuat kita bisa mengendalikan diri kita masing-masing.


baca: Bersyukur di Bawah Rintik Kesabaran

Kiat-Kiat Agar Iman Bertambah Kuat


Pesan ini sangat penting untuk direnungkan, khususnya oleh setiap mukmin, yang beriman kepada Allah Ta’ala. Di ujung pesannya, Letjend Doni Monardo mengatakan, “Maka kita semuanya Insyaallah akan terhindar dari musibah Covid-19 ini.”

Benar, dengan menjalankan sebab-sebab itu semua, yaitu meningkatkan iman dan taqwa, menjaga keamanan diri dengan cara disiplin protokol, dan meningkatkan imun (daya tahan) tubuh, maka insyaallah akan terselamatkan dari musibah ini. Kita selalu berdoa dan memohon pertolongan Allah Ta’ala agar selalu mendapatkan perlindungan dan penjagaan dari-Nya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *