Menkes: Anggap Semua Orang Positif, Ikhlas Jalankan Protokol

oleh -1.118 views
Ini Mengingatkan Kita Semua Indonesia Masih Krisis

Kondisi perkembangan Covid-19 yang terus mengkhawatirkan, membuat kita semua harus semakin waspada. Pemerintah juga tak henti-hentinya mengingatkan warga masyarakat agar selalu waspada, jangan abai dan lalai. Di antaranya seperti yang disampaikan oleh Kemenkes dalam kesempatan kunjungan kerja ke Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Tanjung Pinang, Kamis (24/09/2020)

Dalam kesempatan tersebut Menkes mengingatkan agar semua orang dianggap positif COVID-19, tapi bukan sakit. Hal tersebut bertujuan supaya setiap orang menjalankan protokol kesehatan seperti jaga jarak dan memakai masker. Hendaknya semua orang ikhlas dalam menjalankan protokol 3M.

“Harus menganggap semua orang positif, bukan sakit, kita pakai masker karena masa pandemi. Harus ikhlas pakai masker, rajin cuci tangan, dan jaga jarak,” tutur Menkes Terawan.

Kemenkes juga mengingatkan semua masyarakat hendaknya selalu sabar

“Pengalaman kalian pasti luar biasa, saya minta untuk semua sabar, berdoa, tawakal, dan tetap berbahagia,” tambahnya, sebagaimana di http://sehatnegeriku.kemkes.go.id

 

Terpisah, dalam acara talkshow di di Kantor Graha BNPB, Rabu (23/09/2020), disampaikan pesan: “Kalau sudah seperti ini, sebetulnya cara yang paling baik untuk kita semua adalah  memperlakuan semua orang sebagai OTG. Karena kita tidak tahu riwayat seseorang kecuali kalau dia tinggal satu rumah dengan kita. Kalau tidak satu rumah dengan kita, maka kita tidak tahu dia kemana saja. Kalau saya ketemu dengan si A saya menganggap si A itu OTG, maka saya akan menjaga protokol kesehatan. Kalau Si A menganggap saya OTG maka dia akan menjaga protokol kesehatan. OTG itu orang tanpa gejala, bahwa dia punya virus.

Kalau dikatakan, “Wah paranoid nih, semua orang dianggap punya virus!” Maka itu adalah cara yang paling baik. Supaya kita selalu ingat bahwa protokol kesehatan saat ini, sampai saat ini, adalah cara yang paling baik, paling tepat, dan paling benar untuk mencegah kita dari terkena Covid-19. Selebihnya tidak ada cara lain. Bahwa vaksin masih di depan, bahwa obat belum ditemukan. Berarti sekarang pegangan kita hanya protokol kesehatan. Pakai masker, jaga jarak, cuci tangan pakai sabun. Tidak menyentuh wajah kita sebelum kita yakin yang namanya tangan kita ini bersih.”


baca: Pesan Satgas Covid-19 Nasional: Anggap Semua Orang OTG, Trik Cegah COVID-19

Perlakukan Semua Orang Sebagai OTG, Ini Adalah Cara Yang Paling Baik


Dalam keterangannya di Kantor Presiden, Kamis (24/9) Jubir Satgas Covid-19 Nasional Prof. Wiku Adisasmito menyampaikan bahwa masyarakat masih lengah, mengabaikan protokol kesehatan. Masyarakat seolah tidak memiliki empati dengan banyaknya korban yang menjadi positif Covid-19. Masyarakat saat ini katanya masih banyak yang memandang negatif terhadap pasien positif Covid-19. Masyarakat juga diminta tidak terpengaruh atas berita tidak bertanggungjawab yang menyebut pandemi Covid-19 adalah konspirasi.

baca: Satgas Covid-19 Tekankan Perilaku Disiplin Protokol Kesehatan Langkah Utama Atasi Pandemi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *