,

Menko PMK: Tenaga Tracer Terus Kita Tingkatkan dan Kerahkan Semaksimal Mungkin

oleh -63 views

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menekankan pentingnya 3T (testing, tracing, treatment). Menurutnya apabila 3T dilakukan sungguh-sungguh maka akan mampu menekan laju penularan Covid-19, biidznillah.

“Saya kaget waktu dapat laporan jumlah tracer kita tidak sampai 5 ribu seluruh Indonesia dan hampir 1.600 lebih ada di DKI. Jadi sebetulnya memang selama ini kalau dilihat dari jumlah tracernya, kita belum melakukan upaya 3T yang serius,” kata Menko PMK, sebagaimana dikutip dari kemenkopmk.go.id

Menko PMK berharap melalui kebijakan presiden yang lebih mengedepankan pendekatan mikroskopik, terutama 3T, upaya penanganan Covid-19 dapat tertangani semakin baik. Namun, Bapak Menko meyakini bahwa tingkat penyebaran Covid-19 yang paling tinggi dan lebih banyak justru terjadi pada level komunitas termasuk dari lingkungan keluarga di rumah.

“Saya yakin betul kalau 3T bisa kita lakukan sungguh-sungguh dan optimal, kita akan bisa mengatasi Covid-19 ini. Di samping juga tenaga tracer terus kita tingkatkan dan kita kerahkan semaksimal mungkin,” pungkas Menko PMK.

Penerapan protokol kesehatan 3M, merupakan upaya langsung, ini dilakukan oleh masyarakat.

“Upaya langsung dengan 3M akan memiliki dampak lebih cepat memperlambat laju penularan karena upaya tersebut bentuk pencegahan agar seseorang tidak tertular,” jelas kata Prof. Wiku, Selasa (9/2/2021).

Adapun  3T, yaitu testing (pemeriksaan), tracing (pelacakan) dan treatment (perawatan) yang dilakukan pemerintah adalah upaya tidak langsung. Upaya tidak langsung 3T ini, membutuhkan waktu lebih lama untuk melihat dampaknya dalam memperlambat laju penularan. Karena upaya 3T merupakan  bentuk penanganan setelah seseorang tertular, demikian dikutip dari covid19.go.id

Pemerintah sangat menekankan kepada seluruh pemerintah daerah agar memprioritaskan pengendalian laju penyebaran virus melalui peningkatan 3M dan 3T. Di samping juga melalui upaya percepatan vaksinasi.

Melalui Juru Bicaranya, Pemerintah juga berpesan, “Selain vaksinasi, protokol kesehatan 3M yakni mencuci tangan, menjaga jarak, dan memakai masker serta menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas tetap harus dilaksanakan secara ketat,” Selasa (02/02/2021) dalam keterangan pers menyambut kedatangan vaksin COVID-19 tahap keempat, di Bandar Udara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, sebagaimana dikutip dari setkab.go.id

Ini semua merupakan upaya pemerintah yang patut kita syukuri, kita apresiasi, dan kita dukung dengan sebaik-baiknya. Wajib kita bersungguh-sungguh melaksanakan sebab-sebab demi tercapainya keberhasilan percepatan pengendalian Covid-19 ini. Adapun hasilnya, kita serahkan sepenuhnya kepada Allah Ta’ala, dan hanya kepada-Nya kita berharap pertolongan-Nya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *