,

Menunjukkan Perkembangan Yang Kurang Diharapkan, Ini Pesan Satgas Covid-19 Nasional

oleh -137 views

Juru Bicara Pemerintah Penanganan Covid-19 menyampaikan bahwa secara umum perkembangan penanganan Pandemi Covid-19 di Indonesia menunjukkan hasil yang positif. Hal ini dapat dilihat dari jumlah kasus aktif yang terus menurun, dan angka kesembuhan yang meningkat.

Perkembangan yang positif pada 2 parameter ini, kata Jubir, memperlihatkan bahwa penanganan yang dilakukan kepada mereka yang terjangkit Covid-19 sudah berjalan dengan baik. Masih menurut Jubir, hal ini juga didukung oleh kinerja posko penanganan Covid-19 di desa atau kelurahan yang cukup tanggap dalam melakukan tindakan awal berupa koordinasi dengan Puskesmas, sehingga penanganan dapat dilakukan dengan lebih cepat.

Oleh karena itu Jubir meminta kepada pimpinan dan satgas di daerah serta masyarakat untuk bersama-sama menjaga momentum positif ini, sehingga angka kasus aktif dapat terus ditekan dan juga meningkatkan angka kesembuhan.

 

Perkembangan Kasus Positif, Sembuh dan Meninggal Covid-19 Mingguan (per tanggal 21 Maret 2021)

Berikut keterangan Juru Bicara Pemerintah Penanganan Covid-19, Prof. Wiku Adisasmito dalam laporannya yang disampaikan dalam keterangan pers di Media Center Graha BNPB, Jakarta, Selasa sore (23/03/2021):

Kasus Positif

Secara nasional pertambahan kasus positif mingguan di minggu ini untuk pertama kali mengalami kenaikan, setelah 4 minggu berturut-turut mengalami penurunan. Kenaikan sebesar 2,3% ini, meskipun angkanya kecil namun tetaplah kenaikan kasus baru yang seharusnya dapat kita jaga untuk selalu turun.

Di minggu ini pula terdapat 3 dari 5 provinsi dengan penambahan kasus baru yang paling banyak berasal dari pulau Jawa. Secara urutan kenaikan kasus baru tertinggi diisi oleh: DKI Jakarta, Banten, Jawa Tengah, Nusa Tenggara Timur, dan Kalimantan Tengah.

Kasus Kematian

Selanjutnya untuk kematian, penambahan kematian di minggu ini juga mengalami peningkatan yang lebih besar dibanding minggu lalu, yang menandakan sudah 2 minggu berturut-turut kasus kematian baru mengalami kenaikan.

Di minggu ini, kasus kematian baru mengalami kenaikan 10% lebih besar dari minggu lalu yang naik sebesar 5,45%. Kenaikan ini dikontribusikan dari 5 provinsi dengan kasus kematian baru tertinggi, yaitu 2 di antaranya berasal dari pulau Jawa: Jawa Timur, Banten, Lampung, Sulawesi Tengah, dan Jambi.

Kesembuhan

Kasus sembuh baru di minggu ini sayangnya mengalami penurunan kembali. Yang berarti kesembuhan telah menurun selama 6 minggu berturut-turut. Di minggu ini jumlah kasus sembuh baru mengalami penurunan sebesar 0,7%.

Meskipun penurunannya kecil, namun seharusnya kasus sembuh baru harus dapat terus meningkat jumlahnya setiap minggu.

Meski begitu, saya ingin mengapresiasi 5 provinsi yang masih mencatatkan angka kesembuhan yang tinggi, yaitu: Banten, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Riau, dan Jambi.

Peringatan dan Pesan Satgas Penanganan Covid-19 Nasional

Perkembangan pada minggu ini untuk kasus positif, kematian, dan kesembuhan baru menunjukkan perkembangan yang kurang diharapkan.

Untuk itu saya ingatkan, dimohon kepada seluruh provinsi, terutama pada 5 provinsi dengan penambahan kasus positif dan kematian baru tertinggi, untuk tidak lengah. Terlebih, tiga di antaranya – yaitu provinsi DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Tengah – telah memasuki minggu ke-7 PPKMI Mikro setelah sebelumnya diawali dengan PPKM tingkat kabupaten/kota selama 4 minggu.

Jangan sampai keberhasilan menekan penambahan kasus positif baru selama pelaksanaan 6 minggu PPKM Mikro ini hanya bertahan sementara. Beberapa daerah mungkin sudah mulai merasa jenuh dengan rutinitas penanganan Covid-19. Untuk itu saya berpesan, mari kita bangkit dan mempertahankan semangat penanganan Covid-19. Karena semangat kita adalah nyawa bagi mereka (biidznillah, red). Dengan diperpanjangnya PPKM Mikro hingga 2 minggu ke depan serta perluasan cakupan menjadi 15 provinsi, diharapkan dapat semakin berdampak pada perkembangan kasus positif, sembuh, dan meninggal di tingkat nasional.

 

Sumber: Keterangan Pers Juru Bicara Pemerintah Penanganan Covid-19, di Media Center Graha BNPB, Jakarta, Selasa sore (23/03/2021)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *