Nasehat Asy Syaikh Shalih Al Fauzan: Doa dan Istighatsah Hanya Kepada Allah

oleh -1.484 views
Doa dan Istighatsah Hanya Kepada Allah

Doa dan Istighatsah Hanya Kepada Allah ‘Azza wa Jalla di Musim Pandemi Covid-19

(Sekaligus renungan atas musibah wabah (pandemi) yang menimpa)

Asy-Syaikh al-‘Allamah Shalih bin Fauzan al-Fauzan hafizhahullah

بسم الله الرحمن الرحيم

الحمد لله ربّ العالمين، والصلاة والسلام على نبينا محمد و وعلى آله وأصحابه أجمعين

Peringatan atas musibah yang menimpa kaum muslimin, bahkan dunia, pada hari-hari ini dalam bentuk wabah dan penyakit yang disebabkan oleh virus tersembunyi yang dinamakan Corona, yang telah memakan banyak korban meninggal dan mengancam orang-orang yang masih hidup. Maka wajib atas kaum muslimin secara khusus dan dunia secara umum untuk berlindung kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala dalam mencegah bencana ini dan menghilangkannya. Sebab, hanya Allah Jalla wa ‘Ala yang menurunkan bencana ini, maka hanya Dialah yang mampu mengangkatnya dan melindungi kaum muslimin darinya. Allah ‘Azza wa Jalla berkata,

وَإِذَا مَسَّكُمُ الضُّرُّ فِي الْبَحْرِ ضَلَّ مَنْ تَدْعُونَ إِلَّا إِيَّاهُ

dan apabila kalian ditimpa bencana di lautan, hilang (dari ingatan kalian) sesembahan-sesembahan yang kalian seru kecuali Dia (Allah).” (QS. Al-Isra’: 67)

قُلْ مَنْ يُنَجِّيكُمْ مِنْ ظُلُمَاتِ الْبَرِّ وَالْبَحْرِ تَدْعُونَهُ تَضَرُّعًا وَخُفْيَةً لَئِنْ أَنْجَانَا مِنْ هَذِهِ لَنَكُونَنَّ مِنَ الشَّاكِرِينَ قُلِ اللَّهُ يُنَجِّيكُمْ مِنْهَا وَمِنْ كُلِّ كَرْبٍ ثُمَّ أَنْتُمْ تُشْرِكُونَ

Katakanlah (wahai Rasul), siapakah yang menyelamatkan kalian dari berbagai kegelapan di daratan dan lautan, yang kalian berdoa kepadanya dengan penuh rasa tunduk dan takut? (sampai kalian mengatakan) Jikalau Dia menyelamatkan kami, tentu kami akan menjadi orang-orang yang bersyukur. Katakanlah, bahwa Allah-lah yang menyelamatkan kalian darinya dan dari segala bentuk kesusahan, kemudian kalian justru menyekutukan-Nya?” (QS. Al-An’am: 63-64)

Maka tidak ada keselamatan, tidak ada tempat berlindung dan tempat selamat dari bencana ini dan lainnya, kecuali dengan berlindung kepada Allah Jalla wa ‘Ala; merasa sangat butuh kepada-Nya; dan banyak berdoa kepada-Nya agar Dia mengangkatnya dan menjamin perlindungan bagi kaum muslimin dari kejelekannya, bahkan menjamin perlindungan bagi dunia ini dari bahayanya. Karena hanya Allah yang menurunkan bencana ini dan hanya Dia Subhanahu wa Ta’ala yang mampu mengangkatnya; dan hal itu sangat mudah bagi Allah.

Wajib atas kita untuk menyadari kelemahan kita dan menyadari betapa besar butuhnya kita kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Mari kita perbanyak doa, sedekah dan perbuatan baik, semoga Allah Jalla wa ‘Ala cepat mengangkat musibah yang telah Dia turunkan. Sesungguhnya Allah Maha mampu atas segala sesuatu.

Wajib atas kaum muslimin secara khusus dan dunia secara umum untuk berlindung kepada Allah agar menghilangkan bencana ini dan melindungi dari akibat jeleknya, karena hanya Allah yang mampu atas hal itu. Yaitu, dengan banyak berdoa, berbuat baik kepada orang-orang fakir dan miskin, dengan sedekah dan mengerjakan berbagai amal kebaikan; karena Allah Jalla wa ‘Ala Maha Dekat lagi Maha mengabulkan doa. Allah Jalla wa ‘Ala berkata,

وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌ أُجِيبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذَا دَعَانِ فَلْيَسْتَجِيبُوا لِي وَلْيُؤْمِنُوا بِي لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ

Jikalau hamba-hamba-Ku bertanya tentang-Ku maka (jawablah) bahwa Aku Maha Dekat; Aku mengabulkan doa orang yang berdoa jika ia mau berdoa kepada-Ku. Maka jawablah panggilan-Ku dan berimanlah kepada-Ku, niscaya kalian akan mendapat petunjuk.” (QS. Al-Baqarah: 186)

Ya Allah, Wahai Rabb kami, Wahai Maula (Pelindung) kami; kami adalah hamba-hamba-Mu yang sangat butuh kepada-Mu; yang tak berdaya di hadapan-Mu; kami memohon kepada-Mu, angkatlah wabah (pandemi) ini, angkatlah bencana ini dari kaum muslimin secara khusus dan dunia secara umum; gantilah dengan kemudahan dan kebaikan yang bersifat umum dan khusus; karena tidak ada yang bisa mengampuni dosa-dosa kecuali Engkau dan tidak ada yang dapat mengangkat bencana ini kecuali Engkau. Engkau lah Rabb kami, Maula (Pelindung) kami; Engkau lah penjamin kami dan sebaik-baik penolong!

Ya Allah angkatlah bencana yang Engkau turunkan! Ya Allah angkatlah bencana yang Engkau turunkan! Ya Allah angkatlah bencana wabah (pandemi) yang Engkau turunkan dan gantilah dengan pertolongan dan kemudahan; serta kebaikan dan kesehatan bagi kaum muslimin secara khusus dan bagi dunia secara umum, hanya Engkau lah yang mampu melakukannya.

قُلْ مَنْ يُنَجِّيكُمْ مِنْ ظُلُمَاتِ الْبَرِّ وَالْبَحْرِ تَدْعُونَهُ تَضَرُّعًا وَخُفْيَةً لَئِنْ أَنْجَانَا مِنْ هَذِهِ لَنَكُونَنَّ مِنَ الشَّاكِرِينَ (63) قُلِ اللَّهُ يُنَجِّيكُمْ مِنْهَا وَمِنْ كُلِّ كَرْبٍ ثُمَّ أَنْتُمْ تُشْرِكُونَ (64) قُلْ هُوَ الْقَادِرُ عَلَى أَنْ يَبْعَثَ عَلَيْكُمْ عَذَابًا مِنْ فَوْقِكُمْ أَوْ مِنْ تَحْتِ أَرْجُلِكُمْ أَوْ يَلْبِسَكُمْ شِيَعًا وَيُذِيقَ بَعْضَكُمْ بَأْسَ بَعْضٍ

Katakanlah (Rasul), siapakah yang menyelamatkan kalian dari berbagai kegelapan di daratan dan lautan, yang kalian berdoa kepdanya dengan penuh rasa tunduk dan takut? (sampai kalian mengatakan) Jikalau Dia menyelamatkan kami, tentu kami akan menjadi orang-orang yang bersyukur. Katakanlah, Allah-lah yang menyelamatkan kalian darinya dan dari segala bentuk kesusahan, kemudian kalian justru menyekutukan-Nya? Katakanlah, hanya Dial ah yang Maha Mampu untuk mengirimkan azab kepada kalian dari atas kepala kalian atau dari bawah kaki kalian; atau membuat kalian tercerai berai, sehingga sebahagian kalian menimpakan malapetaka atas sebahagian yang lain.” (QS. Al-An’am: 63-65)

Allah Jalla wa ‘Ala Maha mampu atas segala sesuatu dan Dia lah yang menguji hamba-hamba-Nya. Kalau bukan karena rahmat, ampunan dan ihsan (kebaikan)-Nya, tentu tidak ada satu makhluk pun yang tersisa di muka bumi. Akan tetapi Allah Subhanahu wa Ta’ala Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Dia lah yang Maha Mampu atas segala sesuatu; yang Maha Dekat lagi Maha mengabulkan doa; yang Maha Melindungi lagi Maha Terpuji. Engkaulah Maula (Pelindung) kami, sebaik-baik maula (pelindung) dan sebaik-baik penolong.

Ya Allah angkatlah bencana yang Engkau turunkan! Ya Allah angkatlah bencana yang Engkau turunkan! Ya Allah angkatlah bencana yang Engkau turunkan dari kaum muslimin secara khusus dan dari dunia secara umum.

Ya Allah lindungilah kami dari kejelekan orang-orang yang suka berbuat jahat, dari tipu muslihat orang-orang yang berbuat fujur dan dari keburukan bencana yang datang di malam dan siang hari; karena hanya Engkau lah satu-satunya yang Maha Mampu atas segala sesuatu. Tidak ada keselamatan, tempat untuk selamat dan meminta keselamatan, kecuali hanya kepada-Mu. Maha suci Engkau, sesungguhnya kami adalah orang-orang yang zhalim! Maha suci Engkau, sesungguhnya kami adalah orang-orang yang zhalim! Maha suci Engkau, sesungguhnya kami adalah orang-orang yang zhalim!

Ya Allah, angkatlah dari kami segala bentuk musibah dan wabah, juga segala kejelekan dan fitnah (cobaan). Sesungguhnya Engkau lah yang Maha Mampu atas segala sesuatu; Engkaulah Maula (Pelindung) kami, sebaik-baik maula dan sebaik-baik penolong; hanya Allah penjamin kami dan sebaik-baik penolong.

وصلى الله على نبينا محمد وعلى آله وأصحابه أجمعين

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *