Pedoman Pemerintah Untuk Pencegahan Penularan Covid-19 Pada Individu

oleh -300 views
PROTOKOL kesehatan COVID-19 Dok. Kemenkes

Sesuai Keputusan Kementrian Kesehatan (KMK): NOMOR HK.01.07/MENKES/413/2020, bahwa Masyarakat memiliki peran penting dalam memutus mata rantai penularan COVID-19 agar tidak menimbulkan sumber penularan baru.

Mengingat cara penularannya berdasarkan droplet infection dari individu ke individu, maka penularan dapat terjadi baik di rumah, perjalanan, tempat kerja, tempat ibadah, tempat wisata maupun tempat lain dimana terdapat orang berinteaksi sosial. (halaman: 106)


baca:

Lakukan Amalan-amalan Berikut, Agar Musibah Segera Berakhir

Kiat-Kiat Agar Iman Bertambah Kuat


Pedoman Pencegahan Penularan Pada Individu

Penularan COVID-19 terjadi melalui droplet yang mengandung virus SARS-CoV-2 yang masuk ke dalam tubuh melalui hidung, mulut dan mata, untuk itu pencegahan penularan COVID-19 pada individu dilakukan dengan beberapa tindakan, seperti:

a. Membersihkan tangan secara teratur dengan cuci tangan pakai sabun dan air mengalir selama 40-60 detik atau menggunakan cairan antiseptik berbasis alkohol (handsanitizer) minimal 20 – 30 detik. Hindari menyentuh mata, hidung dan mulut dengan tangan yang tidak bersih.

b. Menggunakan alat pelindung diri berupa masker yang menutupi hidung dan mulut jika harus keluar rumah atau berinteraksi dengan orang lain yang tidak diketahui status kesehatannya (yang mungkin dapat menularkan COVID-19).

c. Menjaga jarak minimal 1 meter dengan orang lain untuk menghindari terkena droplet dari orang yang yang batuk atau bersin. Jika tidak memungkin melakukan jaga jarak maka dapat dilakukan dengan berbagai rekayasa administrasi dan teknis lainnya.

d. Membatasi diri terhadap interaksi / kontak dengan orang lain yang tidak diketahui status kesehatannya.

f. Saat tiba di rumah setelah bepergian, segera mandi dan berganti pakaian sebelum kontak dengan anggota keluarga di rumah.

g. Meningkatkan daya tahan tubuh dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) seperti konsumsi gizi seimbang, aktivitas fisik minimal 30 menitsehari, istirahat yang cukup termasuk pemanfaatan kesehatan tradisional. Pemanfaatan kesehatan tradisional, salah satunyadilakukan denganmelaksanakan asuhan mandiri kesehatan tradisional melaluipemanfaatan TamanObat Keluarga (TOGA) dan akupresur,

(lihat KMK NOMOR HK.01.07/MENKES/413/2020, halaman 106-107)

Mari kita memperhatikan dan melaksanakan pedoman-pedoman tersebut dengan tertib dan disiplin, didasarkan atas kesadaran. Semoga ini semua termasuk upaya maksimal kita menempuh sebab-sebab keselamatan. Kita berharap dan memohon kepada Allah satu-satu-Nya agar melindungi dan menyelamatkan kita semua dari penyakit yang ganas dan berbahaya ini. Semoga Allah segera mengangkat wabah ini dari muka bumi. Amin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *