,

Pemerintah Kecewa, Pekan Ini Zona Merah Bertambah Hampir Dua Kali Lipat!

oleh -414 views

Pemerintah Indonesia secara rutin terus mengupdate perkembangan data penanganan Covid-19 dan analisisnya kepada publik. Informasi ini disampaikan oleh Koordinator Tim Pakar Satgas Penanganan Covid-19 Pusat yang sekaligus merupakan Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, melalui konferensi pers yang disiarkan secara virtual secara rutin.

Setelah memaparkan data perkembangan Covid-19 tingkat Indonesia dan tingkat dunia, Jubir Pemerintah memberikan arahan dan peringatan penting kepada seluruh masyarakat. “Dari data nasional dan dunia yang sudah saya paparkan sebelumnya, bisa kita ambil pelajaran bahwa Pandemi Covid-19 masih ada, dan ada di mana-mana. Tidak kenal umur, tidak kenal orang, cepat atau lambat, jika seseorang lengah maka orang tersebut akan menjadi penderita selanjutnya,” demikian Jubir Pemerintah, Prof. Wiku Adisasmito menyampaikan dalam konferensi pers di Media Center Graha BNPB, Selasa (01/12/2020).

“Kami memahami bahwa masyarakat sudah mulai jenuh dan lelah menghadapi pandemi ini. Namun kita tidak boleh kalah! Tetap jaga semangat kita untuk memutus rantai penularan!” lanjutnya kembali mengingatkan.


Pesan Penting Satgas Covid-19 Nasional: Jangan Tanya Kapan Pandemi Akan Berakhir!


Pemerintah juga menyampaikan kekecewaan melihat perkembangan zonasi peta risiko dalam pekan ini, per 29 November 2020. Yaitu zona merah bertambah hampir dua kali lipat, sebaliknya zona hijau makin berkurang. “Saya sangat kecewa, karena pada minggu ini jumlah kabupaten/kota yang berzona merah bertambah hampir dua kali lipat dari minggu sebelumnya! Selain itu, jumlah daerah yang berada di zona hijau pun semakin menipis!” tandasnya.

Tentu fenomena ini harus menjadi bahan peringatan penting bagi seluruh lapisan masyarakat. “Kami berharap, data ini bisa menjadi cermin bagi kita semuanya, baik pemerintah maupun masyarakat, untuk merefleksikan komitmen kita dalam pengendalian Covid-19,” tegasnya.


Ini yang Harus Dilakukan Wilayah Zona Merah

Ini yang Harus Dilakukan Wilayah Zona Oranye

Ini yang Harus Dilakukan Wilayah Zona Kuning

Ini yang harus Dilakukan Wilayah Zona Hijau


Satgas Penanganan Covid-19 Pusat menegaskan bahwa keadaan ini harus menjadi cambukan keras bagi semua pihak agar terus memperbaiki diri. “Bagi masyarakat, jangan pernah abai! Karena cepat atau lambat Anda akan menjadi penderita Covid-19 jika lengah dalam memproteksi diri, atau lingkungan, atau pun keluarga Anda! Untuk pemerintah daerah dan jajarannya, harap bisa segera melakukan evaluasi terhadap kedisiplinan 3M dan penegakannya di daerah, maupun pelaksanaan 3T di berbagai tatanan kesehatan daerah,” kata Jubir Prof. Wiku.

baca: Kunci Utama Menghadapi Musibah Covid-19: Iman, Aman, Imun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *