Pendataan dan Urutan Vaksinasi Covid-19 Tahap Kedua dan Ketiga

oleh -75 views

Dalam keterangan pers, Selasa (16/02/2021), Juru Bicara Pemerintah Penanganan Covid-19 Prof. Wiku Adisasmito, menyampaikan Program Vaksinasi Tahap ke-2 dan ke-3 akan segera dilakukan, yaitu bagi lansia dan petugas layanan publik. “Akan segera dilaksanakan dan ditargetkan dapat selesai pada bulan Mei mendatang,” kata Wiku.

Ketua Tim Pakar Satgas Covid-19 ini juga menyampaikan bahwa pendataan daftar penerima akan merunut kepada data yang dimiliki oleh BPJS Kesehatan, Dukcapil, dan hasil koordinasi kementerian dan lembaga terkait.

Terkait urutan vaksinasi, Wiku menjelaskan bahwa pemerintah akan menimbang jumlah kasus, tingkat penularan, kesiapan kepasitas penyimpanan vaksin, dan daerah yang telah mencapai target cakupan vaksinasi tenaga kesehatan.

 


baca: Penerbitan Emergency Use Authorization (EUA) Vaksin COVID-19 Produksi PT. Bio Farma


“Perlu diingat, bahwa pemerintah tidak akan memulai vaksinasi jika produk yang didistribusikan tidak aman. Oleh karena itu, pentingnya rilis EUA untuk sebuah produk farmasi dan obat-obatan,” katanya.

Namun sebagai bentuk upaya antisipasi pemerintah, yaitu pembuatan skema alur kegiatan pelaporan dan pelacakan KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi) adalah dengan menetapkan kontak person dari setiap fasilitas kesehatan sebagai pusat informasi jika ada keluhan dari penerima vaksin untuk ditindaklanjuti dan ditangani jika masih bersifat ringan ke sedang, dan akan dilaporkan berjenjang ke atas jika ditemukan KIPI serius ke instansi kesehatan pada wilayah administrasi di atasnya serta komite ahli Indonesia yang terdiri dari Pokja atau Komda atau Komnas PP KIPI. Lebih lanjut, masyarakat dapat melihat format investigasi serta panduan penggunaan web keamanan vaksin di lampiran juknis Covid-19.

 

sumber: siaran pers Juru Bicara Pemerintah Penanganan Covid-19, Selasa 16 Februari 2021

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *