Perkembangan Minggu Ini Memperlihatkan Tren Yang Kurang Baik

oleh -75 views

Perkembangan terkini pada kasus positif Covid-19 per 8 April 2021:

  • – penambahan pasien terkonfirmasi positif sebanyak 5.504 kasus
  • – jumlah kasus aktif 111.271 kasus (7,16%) [rata-rata dunia 17,2%].
  • – Jumlah kesembuhan 1.399.382 kasus ( 90,1%) [rata-rata dunia 80,7%]
  • – Jumlah kasus meninggal 42.227 kasus (2,7%) [rata-rata dunia 2,2%].

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito meminta semua pihak memperhatikan perkembangan penanganan minggu ini, karena memperlihatkan tren yang kurang baik. Juga terkait sinkronisasi pencatatan dan pelaporan kedepannya harus lebih ditingkatkan kualitasnya.

“Untuk minggu ini, Satgas sangat menyayangkan terjadinya penambahan pada kasus positif dan kematian, juga penurunan pada kesembuhan,” ungkapnya memberi keterangan pers perkembangan penanganan Covid-19 di Graha BNPB, Kamis (8/4/2021), seperti dikutip dari Covid19.go.id

Melihat penambahan kasus positif baru pada minggu ini terjadi kenaikan sebesar 6,3%. Kemudian untuk penambahan kematian naik sebesar 0,9% di minggu ini. Sedangkan kesembuhan mengalami penurunan sebesar 7,8% pada minggu ini.

Juga terjadi peningkatan jumlah daerah yang masuk zona merah atau risiko tinggi yaitu dari 5 menjadi 10 kabupaten/kota.

“Hal ini merupakan bentuk alarm bagi kita untuk mawas diri meskipun di minggu lalu trennya mengalami penurunan,” tambahnya.

Selain itu, bersamaan dengan perkembangan zonasi yang cenderung menurun ini, data menunjukkan bahwa saat libur 2 April kemarin, terjadi kenaikan mobilitas sebesar 60%.

“Hal ini harus diwaspadai dan diantisipasi dengan baik, serta dapat menjadi pengingat bagi masyarakat untuk terus mengetatkan kedisiplinan terhadap protokol kesehatan terutama dalam memasuki masa Bulan Ramadhan dan menjelang hari raya Idul Fitri agar keselamatan dan kesehatan masyarakat tetap terjaga,” lanjutnya.

Zonasi yang tadinya sudah cukup berkembang ke arah yang lebih baik dapat kembali memburuk apabila tidak dijaga dengan baik. Oleh karena itu, sangat penting bagi masyarakat, pemerintah, dan satgas di daerah untuk menjaga agar perkembangan zonasi terus membaik.

 

Sumber: Covid.go.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *