Perlakukan Semua Orang Sebagai OTG, Ini Adalah Cara Yang Paling Baik

oleh -841 views

Pada Rabu, 23 September 2020 di Kantor Graha BNPB kembali digelar talkshow seputar perkembangan terbaru Covid-19. Acara talkshow “Covid-19 Dalam Angka” ini, kali ini mengangkat tema “Ragam Cluster di Indonesia”.

Hadir dalam acara :

  1. Ketua Bidang Data dan Teknologi Informasi Satgas Penanganan Covid-19,
  2. Tim Komunikasi Publik Satgas Penanganan Covid-19

Setelah membahas panjang lebar berbagai ragam cluster yang bermunculan di Indonesia dan penjelasan sebab-sebabnya berdasarkan data-data dan laporan-laporan yang masuk ke Satgas Penanganan Covid-19 Nasional, di penghujung acara disampaikan pesan penting kepada seluruh masyarakat, sebagai berikut:

“Kalau sudah seperti ini, sebetulnya cara yang paling baik untuk kita semua adalah  memperlakuan semua orang sebagai OTG. Karena kita tidak tahu riwayat seseorang kecuali kalau dia tinggal satu rumah dengan kita. Kalau tidak satu rumah dengan kita, maka kita tidak tahu dia kemana saja. Kalau saya ketemu dengan si A saya menganggap si A itu OTG, maka saya akan menjaga protokol kesehatan. Kalau Si A menganggap saya OTG maka dia akan menjaga protokol kesehatan. OTG itu orang tanpa gejala, bahwa dia punya virus.

Kalau dikatakan, “Wah paranoid nih, semua orang dianggap punya virus!” Maka itu adalah cara yang paling baik. Supaya kita selalu ingat bahwa protokol kesehatan saat ini, sampai saat ini, adalah cara yang paling baik, paling tepat, dan paling benar untuk mencegah kita dari terkena Covid-19. Selebihnya tidak ada cara lain. Bahwa vaksin masih di depan, bahwa obat belum ditemukan. Berarti sekarang pegangan kita hanya protokol kesehatan. Pakai masker, jaga jarak, cuci tangan pakai sabun. Tidak menyentuh wajah kita sebelum kita yakin yang namanya tangan kita ini bersih.”

 

Pesan kepada Keluarga secara khusus:

“Kalau Anda punya keluarga, yuk sama-sama kita identifikasi siapa yang bisa jadi sumber penularan. Semua yang menjadi sumber penularan ini harus berhati-hati dan harus memperlakukan semua orang di sekitarnya sebagai OTG supaya protokol kesehatannya selalu dijalankan.”

* * *

Demikian pesan penting yang disampaikan oleh Satgas Penanganan Covid-19 Nasional kepada masyarakat secara umum dan kepada keluarga secara khusus. Semoga pesan singkat itu bisa menjadi pencerahan bagi kita semua, khususnya sebagai bekal agar kita selalu waspada dan disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Sebagai muslim, hendaknya kita menjadi yang terdepan untuk tertib, disiplin, sadar, dan sabar menjalankan protokol kesehatan. Terlebih, berbagai protokol itu dianjurkan dan diperintahkan oleh pemerintah kita. Salah satu prinsip agama Islam adalah menaati pemerintah dalam perkara yang ma’ruf. Sekali lagi, mari kita sebagai muslim menjadi yang terdepan. Tak lupa seorang muslim senantiasa mengiringinya dengan doa kepada Allah satu-satu-Nya dengan penuh khusyu’, disertai upaya untuk terus meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah, serta tunduk dan patuh kepada-Nya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *