Presiden RI: Vaksinasi Covid-19 Tidak Tergesa-gesa, Semua Harus Siap

oleh -186 views
covid19

Presiden RI, Joko Widodo, semoga Allah selalu menjaga dan melindungi beliau – telah menginstruksikan kepada jajarannya agar rencana pemberian vaksin Covid-19 dipersiapkan dengan detail dan hati-hati.

“Rencana pemberian vaksin Covid-19 membutuhkan persiapan yang detail dan hati-hati. Vaksinasi ini tidak akan dilaksanakan secara tergesa-gesa.” kata Bapak Presiden di akun resminya @jokowi, Senin (19/10/2020), 17:38

“Semua harus siap, termasuk komunikasi publik mengenai halal dan haram, harga, kualitas, dan distribusinya.” lanjut beliau.

Pemerintah sangat memperhatikan aspek kehalalan vaksin Covid-19. Terkait kehalalan vaksin, sebelumnya Wapres RI telah menjelaskan, bahwa MUI sudah mengambil peran mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pertimbangan kehalalan vaksin serta auditnya, sebagaimana di laman https://wapresri.go.id (16/10/2020)


baca: Masyarakat Perlu Memahami Upaya Penanganan Covid-19 Agar Tidak Tersesat Informasi

Jubir Satgas: Covid-19 Bukan Konspirasi, Tak Ada Ruang untuk Kita Lengah


Terpisah Jubir Satgas Covid-19 Nasional, Prof. Wiku Adisasmito, pada Kamis (15/10/2020) mengingatkan masyarakat tidak boleh terlena. Kita harus memahami bahwa solusi pengendalian Covid-19 tidaklah tunggal. Vaksin bukan satu-satunya solusi untuk mencegah penularan Covid-19. Vaksin adalah bentuk intervensi kesehatan kepada masyarakat. Saat ini hal terbaik yang harus kita lakukan adalah menegakkan protokol kesehatan. Karena upaya ini adalah upaya yang paling sederhana tapi berdampak sangat besar secara ilmiah. Menerapkan disiplin dan patuh terhadap protokol kesehatan malahan lebih efektif menurunkan risiko penularan sampai 80%. Jika kita bisa menerapkan tiga protokol sekaligus maka penurunan resiko penularan akan jauh lagi lebih besar, dengan izin Allah. “Adaptasi perubahan perilaku memang tidak mudah. Oleh karena itu perlu adanya kerjasama antar elemen masyarakat dalam upaya pengendalian Covid-19, termasuk dalam program vaksinasi yang akan kita hadapi,” kata Wiku.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *